Populernya,Muhamed Salah.Adab dakwah dan Ahlak.


 MOHAMED SALAH: DAKWAH DENGAN AKHLAK dan ADAB YANG BAIK BISA MENGALAHKAN 1000 MAJELIS ILMU TENTANG AKHLAK.

 Saya menonton laga pertama semifinal Liga Champions dari layar televisi ,saat Liverpool menang atas AS Roma, 5-2,Rabu,(25/04/2018) dini hari WIB Mohamed Salah membawa bola begitu cepat.pada suatu detik,ia dijegal dari belaakang .ia jatuh.lalu bangkit dan berdiri.Tapi segaris senyum masih ada di wajahnya.Bahunya terangkat dan tangannya memberi isyarat yang di tafsirkan "apa boleh buat".

 Di bandingkan dengan para pemain lain yang marah bila kena,atau terjungkal atau mengaduh aduh bila terganjal, Mohamed Salah asal ngagrik,Mesir ini meletakan dirinya dalam satu kategori lain.Dialah sang superstar.

Salah pasti tau ratusan juta mata dan menilainya di pertandingan itu.iya tau lapangan hijau Stadion Anifiel,Liverpool adalah pantasnya yang paling anggun. Dia toh tau dia bukan pemain yang bakal tidak tercatat dalam sejarah sepak bola Dunia.dalam usianya yang baru 25 Tahun ,dialah yang justru membuat sejarah : kesebelasan Liverpool mendekati posisi ke final di kota Keiv. tidak terganjal untuk jatuh tapi tersenyum.

Salah bagaikan Mozart di lapangan bola.kerja bola yang kasar di olahnya menjadi repertoir yang indah,memikat dan enak di santap .dari dia bola jatuh persis di depan kaki rekan rekannya,seakan tidak laput satu meter pun.

 Rabu dini hari WIB itu, SALAH dengan sangat menawan mencetak dua gol .juga menyumbang asist untuk rekannya Mane dan Firmino.

 Setadian Anfield dengan sorak soray bergemuruh karena dua gol Salah yang bersarang di gawan AS Roma. dia terlihat menundukan kepalanyadan menolak seleberasi yang berlebihan.ia nampak masih menghormati bekas klubnya yang duu memberinya nafkah.

 komentar pers inggeris menggambarkan Salah sebagai pemain besar yang bergaya hidup baik dan rendah hati .ia tak pernah sekalipun nongkrong di bar bar melewatkan malamnya dengan bercinta dengan foto model setempat di dalam pesawat disetiap perjalanan pulang ke Inggeris setelah laga kemenangan ia tak jauh berubah yang seperti rekan rekannya yang suka mabuk mabukan di dalam pesawat ,ia suka membaca kitab suci All Qur'an sambil ditemani secangkir kopi panas.Demikian juag setiap acar kunjungan dari para Istrinya Magi yng selalu tampil antik berhijab dan anaknya Makka (4 TAHUN).

 Maka fan Liverpool tidak hanya memuji Salah sebagai pemain penyerang yang hebat .tapi mereka juga menyatakandiri mereka bahwa mereka bakal menjadi Muslim. dan ikut aktif ikut bersama Salah di Masjid (TEMPO,04/3/2018).Bahkan pelatihnya sekarang ,Juergen Klopp,mengatakn bahwa Salah adalah pemain Bintang ,yang membaca kitab Suci Agamannya dan mengamalkannya serta memperhatikan hukum hukumnya.

 Di Mesir, Salah adalah idola Anak Anak muda ."aku ingin seperti Muhamaed Salah ketika besar nanti,ujar Muhamed Abdel,bocah berusia 12 Tahun dari desa Nagrig.dan berkat bola ,salah mampu membangun Rumah Sakit Modern di desa Nagrig dari Mesir.

 Di Inggeris,Fan Liverpool dengan riang berteriak bersama sama: Assalamu Aalaikum ,Salah 'we need you?!

 catatan;ketika dimana Dakwah dengan sikapdan tindakan lebih di butuhkan dari pada dengan Lisan Maka Dakwah dengan Akhlak dan Adab yang baik bisa mengalahkan 1000 Majelis Ilmu tentang Akhlak ....Orang menyebut dengan keteladanan.(FSh)

Subscribe to receive free email updates: