Hari Ini Pelanggar Ganjil Genap Ditilang, 600 Polisi Berjaga

Gambar terkait
Petugas menilang pengendara mobil yang melanggar aturan pembatasan kendaraan sistem ganjil genap di MH Thamrin

Jakarta, Beritatimur -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menurunkan sebanyak 600 petugas lalu lintas untuk berjaga di sejumlah ruas jalan yang masuk dalam perluasan sistem ganjil genap hari ini (1/8). Penjagaan juga dilakukan di sejumlah ruas alternatif sebagai antisipasi kemacetan. 

Hari ini merupakan hari pertama dilakukannya sanksi tilang bagi para pelanggar ganjil genap setelah dilakukan sistem uji coba sejak 2 Juli lalu. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusuf mengatakan kesadaran masyarakat tentang pemberlakuan sistem ganjil genap sudah cukup tinggi. Namun penjagaan memang perlu dilakukan selain untuk menindak pelanggar juga untuk mengatur arus lalin supaya tetap lancar. 


"Jadi yang mengawasi di jalur ganjil genap sama di luar wilayah ganjil genap kurang lebih enam ratus petugas," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (1/8).

Berdasarkan data yang diterima, terdapat enam jalur alternatif bagi para pengendara untuk menghindari sanksi pelanggaran ganjil genap.

Jalur alternatif pertama untuk pengemudi mobil yang datang dari arah Timur dapat melalui Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan Suprapto-Jalan Salemba Raya - Jalan Matraman dan seterusnya.

Untuk pengendara dari arah Timur lainnya dapat melalui Jalan Akses Tol Cikampek - Jalan Sutoyo - Jalan Dewi Sartika dan seterusnya. 

Jalur alternatif yang ditujukan untuk pengendara dari arah Selatan yaitu melalui Jalan Warung Jati Barat - Jalan Pejaten Raya - Jalan Pasar Minggu - Jalan Soepomo - Jalan Saharjo dan seterusnya.

Sementara untuk pengendara dari arah Selatan seperti kawasan Cilandak dapat melalui jalan RA Kartini - Jalan Ciputat Raya dan seterusnya. 

Adapun untuk jalur yang dapat ditempuh pengendara dari arah utara yakni Jalan RE Martadinata - Jalan Danau Sunter Barat - Jalan HBR Motik - Jalan Gunung Sahari dan seterusnya. 

Sementara itu jalur dari arah Utara lainnya adalah Jalan S Parman - Jalan Tomang Raya - Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng dan seterusnya. 

Diketahui jalur perluasan ganjil genap meliputi ruas jalan HR Rasuna Said dan Jalan Metro Pondok Indah (Jakarta Selatan), Jalan Haji Benyamin Sueb (Jakarta Pusat), serta Jalan MT Haryono dan Jalan DI Panjaitan (Jakarta Timur). 

Tak hanya penembahan ruas jalan, tetapi juga perpanjangan hari menjadi Senin sampai Minggu. Selain itu waktu pelaksaanaan diperpanjang mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Kebijakan perluasan ganjil genap diterapkan Pemprov DKI untuk mengejar syarat waktu tempuh Wisma Atlet ke venue dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) maksimal 30 menit. Selain itu, kebijakan itu untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta. cnn

Subscribe to receive free email updates: