Puluhan Remaja Desa Gunungjaya dan Desa Kuta Ikuti Pelatihan PKW Barista Kopi bersama PKBM Sidodadi Kecamatan Belik.


beritatimur.id-Pemalang-Jawa Tengah,Dalam rangka menyiapkan ketrampilan wirausaha untuk generasi muda PKBM Sidodadi mendapatkan kepercayaan dari direktorat khusus dan pelatihan,  direktorat jenderal pendidikan vokasi dan direktoral kemendikbud untuk mengadakan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW)  pelatihan Barista Kopi.

Peserta berasal dari dua desa yaitu Desa Gunungjaya dan Desa Kuta, Kecamatan Belik - Pemalang, bahkan Kepala Desa Gunungjaya Sugeng Riyadi dan Kepala Desa Kuta Darmo hadir di acara sebagai dukungan kepada peserta yang berasal dari warganya.



Menurut Kepala PKBM Sidodadi  H Bambang Priyanto, bahwa kepercayaan pelatihan tahun 2020 dan 2021, dan tahun ini di 2021 akan dilaksanakan selama 200 jam pelajaran, dengan ketentuan 4 jam pelajaran per harinya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 wib.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 50 hari, 40 hari pelatihan dan yang 10 hari magang,  dari hari senin tanggal 28 juni 2021 sampai dengan hari selasa tanggal 23 agustus 2021.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan Barista Kopi ini terutama untuk para peserta lulusan sma/smk yang tadinya tidak mempunyai keterampilan dan wirausaha bisa menjadi wirausaha-wirausaha yang handal yang bisa mengunggulkan produk kearifan lokal yaitu  bagaimana mengolah biji kopi menjadi minuman yang sehat," kata H Bambang Priyanto dalam sambutanya.


Dia menambahkan, materi yang akan di  sampaikan yaitu tentang kewirausahaan,  pengenalan jenis-jenis alat,  operasional sampai bisa,  bahkan di dukung oleh perbankan yang nanti akan hadir bahkan menawarkan modal bagi peserta yang belum mempunyai modal,  dari perhotelan juga sudah ada kerjasama seperti hotel Jambe Kembar Belik serta dalam materi pemasaran peserta akan diberi materi website supaya peserta nantinya bisa memasarkan produknya di medsos agar peserta nanti tidak hanya memasarkan  di lokal tetapi bisa di seluruh nusantara, bahkan dunia/internasional.
Sementara dari dinas pendidikan Kristiyadi berpesan kepada seluruh peserta supaya aktif selama 50 hari absen tidak boleh kosong dari mulai pembukaan sampai selesai sehingga ilmu yang di dapat dari instruktur akan semakin lengkap. 

"Saya berharap pada pelaksanaan kegiatan pelatihan ini bisa mencapai tri sukses, yaitu pertama sukses perencanaan, kedua sukses pelaksanaan dan yang ketiga sukses hasil," kata Kristiyadi Spd sekaligus membuka kegiatan pada rabu, 30 juni 2021.



Sementara Kepala Desa Gunungjaya Sugeng Riyadi, menyampaikan bahwa kami mendukung pelatihan ini dan siap menfasilitasi peserta nanti setelah selesai pelatihan karena menyiapkan masa depan anak - anak itu sangat penting sehingga mereka tidak bingung dengan masa depanya. 

"Ikuti semua tahapan dan prosedur dalam masa pelatihan supaya setelah selesai tidak salah jalan, orang cerdas itu tidak hanya menerima materi kemudian materi itu saja yang diterapkan tetapi harus ada inovasi - inovasi tersendiri sehingga nanti akan menjadikan cafe atau kopi shop yang berkembang lain dari pada yang lain," katanya.



Kordinator wilayah kecamatan Belik Abdul Latif,  juga memberikan semangat kepada seluruh peserta dan berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk semuanya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian secara simbolis oleh ketua PKBM Sidodadi H Bambang Priyanto Spd kepada beberapa kelompok peserta,  sementara peserta berjumlah 20 orang

Imam Santoso

Subscribe to receive free email updates: