Mahasiswa KKN-T UMP Adakan Pelatihan Hidroponik

 


 bertimurid--Pemalang-Jawa tengah. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  T 091 di Desa Banjar Anyar Kecamatan Randudongkal, Kab Pemalang sejak tanggal 3 Agustus -  4 Agustus 2021 dengan Alfalissyado S.E.Sy.ME sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)

Dalam kegiatan KKN tersebut mahasiswa mengajak pada masyarakat setempat untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi Civid-19 yakni dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan sengaja difokuskan dengan tema "Kesehatan Masyarakat" hal ini dilatar belakangi kondisi saat ini. 

Salah seorang mahasiswa kepada media ini mengatakan dimasa seperti ini masyarakat harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi agar terhindar dari Covid-19.

" Kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung masyarakat mengonsumsi makanan bergizi seperti edukasi dan penanaman tanaman dengan sistem hidroponik," ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif. Terbukti dari antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan.

" Alhamdulillah, masyarakat sangat antusiasme mengikuti kegiatan," imbuhnya 

Sementara itu pemateri pelatihan, Sulthon Firdaus mahasiswa Agroteknologi belum lama ini menandaskan bahwa pelatihan hendroponik yang dilaksanakan dibalai desa belum lama mendapatkan antusiasme masyarakat.

" Materi meliputi cara tanam, perawatan hingga panen," terang Firdaus


Selebihnya, pada akhir acara setiap peserta juga membawa benih dan bibit yang dibagikan secara gratis oleh tim KKN 091. Para peserta sangat bersemangat untuk mencoba dan mempraktekan secara langsung dipekarangan rumah karena proses pembuatan yang mudah dan praktis.

Asrori salah seorang peserta mengatakan pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKK UMP sangat bermanfaat.

 "Metode Hidroponik dapat dilakukan dengan mudah di rumah tanpa menggunakan media tanah, tetapi menggunakan media kapas. Kemudian disirami dengan air sehingga masyarakat bisa mengikuti nya" tandas Asrori 


Penulis : Ragus t.u dan Arni A

Subscribe to receive free email updates: