PDAM Tirta Mulia Kecamatan Warungpring Sigap Tangani Saluran Yang Airnya Keruh


Media Berita Timur - Pemalang , Jawa Tengah

      Dari PDAM [Perusahaan Daerah Air Minum] PT.Tirta Mulia Kabupaten Pemalang mendapatkan pengaduan, bahwa air dibeberapa pelanggan di daerah Pemalang Selatan, tepatnya di Desa Warungpring mengalami kekeruhan yang diduga bercampur tanah, beberapa waktu yang lalu. 

     Pelanggan yang merasa sangat tidak nyaman dengan terjadinya air dari perusahaan daerah Kabupaten Pemalang tersebut, sempat resah melihat kondisi air yang terlihat keruh kecoklatan dan menimbulkan gatal. "Ini kan ini tadi airnya itu pam butek, kecoklatan, gatel lohh. Kan kasihan juga yang punya bayi untuk mandi kan pada gatal," Ungkap Aryfatul dan Tamy, ibu rumah tangga yang sehari-harinya mengandalkan air bersih dari PDAM. 

     Ternyata, disinyalir tidak hanya kali ini saja air yang keluar dari pipa PDAM keruh. Diduga, air PDAM sering sekali mengalami keruh dan agak butek kecoklatan bercampur tanah ataupun bisa saja disebabkan kotoran lainnya. 

     Sementara itu, Slamet Efendi,SE selaku Direktur Utama PDAM PT.Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, ketika dikonfirmasi melalui kepala staff Humas Leroy, menyampaikan bahwa air yang keruh tersebut disebabkan karena dimusim penghujan. Hal itu disampaikan kepada wartawan setelah koordinasi dengan kepala divisi untuk wilayah Warungpring. 

     "Tadi saya sudah konfirmasi ke Kepala Divisi Warungpring menurut beliau air keruh dikarenakan musim penghujan dan ini petugas sedang membuka washout agar kondisi kualitas air menjadi normal kembali," Kata Leroy, ketika dihubungi melalui ponselnya. Kemudian, masih pada hari yang sama, beberapa petugas bagian teknisi langsung diterjunkan ke lapangan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak terduga. 

     Disisi lain, Hilmawan selaku aktivis dari LSM-PMPRI [Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia] turut menyatakan keprihatinan dan kekecewaannya. Pasalnya, dia juga sebagai pengguna PDAM sempat mengalami hal serupa. "Saya sebagai pengguna PDAM sangat kecewa, karena PDAM keruh dan menyebabkan gatal," Paparnya. 

     Kedepannya, dalam waktu dekat, Hilmawan aktivis yang juga berdomisili di Warungpring, berencana akan berkoordinasi dengan ketua PMPRI untuk meminta, agar sampel atau contoh air PDAM dicek di laboratorium, guna memastikan tentang kelayakan air tersebut sejauh mana .


Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: