Kirab Muharaman Warga Dusun Penpen Mendelem

 


Beritatimur.id-Pemalang, Jawa Tengah--Berbeda dengan peringatan tahun baru masehi yang kerap dihiasi dengan pesta kembang api dan kegiatan hura-hura lainnya, maka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, warga rt 03 rw 02 dusun penepen desa mendelem kecamatan belik - pemalang menggelar pawai atau kirab dan doa bersama. Jum’at ( 29/07/2022) malam.



Untuk menyambut datangnya bulan Muharam 1444 Hijriyah, rt 03/02 Desa mendelen melakukan kirab atau pawai bersama dan dilanjutkan dengan doa bersama, yang melibatkan semua warga rt 03/02 dan semua lapisan masyarakat.


Kegiatan pawai atau kirab bersama dan doa ini diprakarsai oleh pemuda dan masyarakat secara bersama sama. Kegiatan dimulai dari halaman rumah anggota dewan Ibu Sutiah SH, diisi dengan acara do’a bersama memohon pertolongan dan keselamatan untuk semua warga, khususnya warga rt 03/02. Kemudian di lanjutkan dengan arak-arakan pawai yang akan melewati sepanjang jalan karangpule, dan berakhir kembali di komplek perumahan taman rancah indah mendelem


Kepada awak media beritatimur ketua rt Rohyana menyampaikan bahwa acara ini digelar untuk menyambut tahun baru Islam 1444 H besok.


” Kegiatan do’a bersama dan pawai ini dilakukan untuk memperingati tahun baru Islam 1444 H, ” ucapnya.


Lanjut Rohyana, hal ini dilaksanakan salah satunya sebaga rasa syukur kepada Allah SWT atas semua limpahan rizki dan rahmatNya,  makanya kita dalam iring iringan membawa berbagai sayuran sebagai tanda syukur warga. 


Pada kegiatan menyambut tahun baru Islam ini, kata Rohyana, juga sebagai momentum bersama-sama kita membangun rt 03 semakin baik lagi dan bisa menjadi contoh rt yang lain dan semoga warga masyarakat selalu mendapatkan kemakmuran dalam naungan ridho Alloh SWT,,aamiin, ” pungkasnya.


Hasil pantauan awak media di lapangan, warga yang terdiri dari anak-anak, pemuda, dan orang tua yang ikut pawai menyambut tahun baru Islam 1444 H begitu antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan yang telah di siapkan. Semua larut dalam kebersamaan dan alunan sholawat serta takbir yang di lantunkan.


Setelah pawai selesai warga berkumpul mengelilingi gulungan yang berisi sayuran,  setelah berdoa selesai warga langsung berebut untuk mendapatkan jenis sayuran yang ada


Acara selanjutnya dilaksanakan pada malam hari ba'da isya acara doa bersama dan makan bersama dengan beberapa tumpeng yang sudah di siapkan oleh warga di halaman rumah anggota dewan Sutiah SH


Imam Santoso

Subscribe to receive free email updates: