Wujudkan Swasembada Gula , Holding Perkebunan Gandeng Pemkab Pemalang Perluas Areal Tebu



Pemalang - Jawa Tengah .

Dalam memenuhi kebutuhan konsumsi Gula di Kabupaten Pemalang PT. Perkebunan Nusantara IX (PTPN ) sebagai anak perusahaan PTPN III (Pesero) holding perkebunan bersama pemerintah Kabupaten Pemalang melakukan penanaman tebu perdana dalam rangka sinergi kerjasama perluasan area tebu di Wilayah Propinsi Jawa Tengah .


Penanaman tebu perdana dilaksanakan di area seluas 10 hektar yang terletak di Desa Banglarangan , Kecamatan Ampelgading , Kabupaten Pemalang .

Hadir dalam acara Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST M.Si beserta Forkopimda Kabupaten Pemalang , Direktur SDM dan Direktur produksi dan Pengembangan PTPN III (Pesero), komisaris Utama dan Direktur IX , Direktur tanaman semusim Direktorat Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian , Direktur PT Sinergi Gula Nusantara, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa tengah serta perwakilan pupuk Indonesia dan Bank Himbara .



Direktur SDM PT Perkebunan Nusantara III (Pesero)  Holding Perkebunan Seger Budiarjo menyampaikan " PTPN grup sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah berusaha mewujudkan ketahanan pangan serta swasembada gula konsumsi di Indonesia sebagai salah satu upaya guna penguatan Industri gulamaka di perlukan kerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah serta masyarakat pemilik lahan untuk perluasan areal tebu demi swasembada gula konsumsi nasional , selain itu PTPN Group fokus pada perbaikan on farm dan off farm transparansi dan komunikasi yang baik kepada petani tebu " ujarnya .


Dalam sambutanya Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ST M.Si mengatakan " baik pelaksanaan tanam perdana serta program kerja sama perluasan lahan tebu diwilayah Kabupaten Pemalang, karena dengan adanya program tersebut dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para petani tebu khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang dimana memiliki potensi area lahan bengkok mencapai 989.635 Ha berupa area pertanian yang terdiri dari sawah dan tegalan " ucapnya .


Program transformasi gula diwujudkan sebagai langkah strategis PTPN Group dalam mencapai target Produktivitas gula kristal sebanyak 7,5-8 ton per hektar .

pada tahun 2022 Holding Perkebunan menargetkan produksi gula konsumsi sejumlah 1,1 juta ton dan meningkat pada tahun 2023 sejumlah 1,3 juta ton .


Di hari yang sama PT Perkebunan Nusantara IX melaksanakan penandatanganan kerjasama pemanfaatan aset untuk perluasan lahan tambak udang Vannamei di Afdeling Desa Pesantren , Kecamatan Ulujami , Kabupaten Pemalang. 

kerjasama yang telah berjalan dengan PT Pasdesa Agro Agri Indonesia yaitu kerjasama operasional lahan tambak udang Vannamei seluas 10 hektar akan di kembangkan menjadi 25 hektar .



Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: