Disdukcapil Lakukan Program Adminduk Go To School di SMK Satya Praja 2 Petarukan


Pemalang - Jawa tengah

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pemalang melakukan program Administrasi Kependudukan (Adminduk) Go To Schol kepada siswa-siswi SMK Satya Praja 2 Petarukan, Selasa 31 Januari 2023.


Adminduk Go To Schol merupakan program Disdukcapil untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pemula pada anak yang berusia 16 tahun yang nantinya pada usia 17 tahun anak tersebut mempunyai KTP-el.


Kepala Dinas Disdukcapil, Ni Wayan Asrini melalui Sekertaris Dinas Hendro Susilo mengatakan, program Adminduk Go To Schol telah dilakukan per Januari 2023. Tujuan dari program ini untuk memperoleh data yang ril dari anak-anak sekolah.


"Ini nanti golnya pada saat data pemilu 2024, nanti kita sudah bisa menunjukkan data yang ril," katanya.


Hendro menuturkan, program seperti ini akan menyasar ke sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Pemalang, kata dia, SMK Satya Praja 2 Petarukan ini merupakan sekolah yang ke 9 yang didatangi.


"Kita mulai dari 9 januari 2023 lalu, satu sekolah kita lakukan dua hari, seperti di SMK Satya Praja 2 Petarukan hari ini dan besok," ujarnya. 


Dalam program ini Hendro berharap anak-anak yang sudah cukup usia (17 tahun) mereka sudah merekam dan memiliki KTP-el sehingga data dapat ditampilkan dengan valit. 


"KTP jadinya nanti satu minggu, dan bagi yang masih dibawah 16 tahun kita dorong untuk memiliki Kartu Identitas Anak (KIA)," tukasnya.


Sementara Kepala Sekolah SMK Satya Praja 2 Petarukan Purwo Setya Witanto menuturkan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pemalang yang telah menunjuk sekolahnya dalam menlakukan program Adminduk Go To Schol.


Menurut Purwo, Program ini bermanfaat buat sekolah karena kata dia rata-rata anak-anak sekolah kususnya kelas 12 itu memerlukan dokumen salah satunya yaitu KTP


"Ini sangat membantu sekolah kami dalam hal pencetakan KTP-el, program Adminduk Go To Schol di SMK Satya Praja 2 Petarukan dari data kelas 10, 11, 12 Ada 1200 siswa yang telah mengikuti perekaman KTP-el," pungkasnya. 


Penulis : Ragust T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: