BPBD Kabupaten Pemalang sigap Evakuasi Warga Terdampak Banjir Limpas Di Kelurahan Kebondalem Dan Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang


Pemalang -  Jawa tengah

BPBD Kabupaten Pemalang sigap evakuasi warga yang terdampak banjir Limpas di kelurahan Kebondalem dan kelurahan Sugihwaras di Kecamatan Pemalang , Kabupaten Pemalang .

musibah banjir terjadi Pada hari Selasa, 7 Februari 2023 - Rabu, 8 Februari 2023 .


Hujan lebat yang melanda wilayah Kabupaten Pemalang secara merata mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB dini hari ini, mengakibatkan banjir luapan di beberapa titik wilayah khususnya di Pemalang kota dan sekitarnya. Telah dilakukan monitoring di beberapa titik diantaranya : 

1. Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo (Sirandu Timur);

2. Perum KBA Mengori Pemalang;

3. Kelurahan Kebondalem RT.02/07;

4. Kelurahan Sugihwaras RT.01, RT.02 RW.09 dan Kampung Baru Sugihwaras RT.04/13.


Lokasi terparah di wilayah Kelurahan Sugihwaras setinggi +- 60-100 cm, yang mengharuskan sejumlah +- 30 orang diungsikan ke Aula Kodim 0711/PML dikarenakan kondisi rumah tidak dapat dihuni untuk istirahat. Sampai pukul 03.50 WIB tim gabungan dari Posko Terpadu BPBD, PMI dan Kodim PML masih melakukan cek lokasi dan asesment beberapa lokasi.

 

Dalam wawancara dengan media Berita timur melalui Seluler Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang Wahadi SE, M.Si , mengatakan "

Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Pemalang mendapatkan laporan kejadian banjir luapan di beberapa titik di wilayah Pemalang kota dan sekitarnya, kemudian berkoordinasi dengan Petugas Piket Posko Terpadu untuk melaksanakan monitoring wilayah , BPBD Pemalang boordinasi dengan PMI Pemalang untuk menyiagakan armada ambulance untuk antisipasi manakala ada evakuasi warga yang membutuhkan,

BPBD Pemalang bersama Petugas Piket Posko Terpadu melakukan monitoring;

- Telah dilakukan evakuasi warga an. Hariyah (70 th) alamat RT.01/09 Kelurahan Kebondalem Pemalang dikarenakan kondisi rumah terendam air sedalam +- 20 cm dan kondisi korban sudah sepuh. Korban diungsikan ke rumah saudara yang lebih aman;

- Setelah berkoordinasi dengan Kodim 0711/PML, sejumlah warga yang ada di RT.01,02 RW.09 Kelurahan Sugihwaras diungsikan ke Aula Kodim PML dikarenakan kondisi rumah mereka terendam dan tidak bisa digunakan untuk istirahat. Mayoritas warga terdiri atas lansia, wanita dewasa dan anak-anak.

- BPBD Pemalang menyiapkan matras dan selimut untuk media alas istirahat di Aula Kodim Pemalang .

Dan Alhamdulillah teman teman TRC BPBD dan Forum relawan PB tanggap dan tangguh malam malam langsung terjun melakukan Evakuasi di titik titik yang di perlukan , untuk bantuan sementara BPBD Kabupaten Pemalang menyediakan nasi books untuk warga yang terdampak banjir " ucap kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang.


Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: