Plt Bupati Pemalang Di Dampingi Kepala BPN Hadiri Acara Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas 1 Juta Patok,Secara Serentak di Seluruh Indonesia Di Desa Sumurkidang , Kec: Bantarbolang


Beritatimur.id- Pemalang-- Jawa Tengah 

Plt Bupati Pemalang di dampingi kepala kantor BPN Kabupaten Pemalang Hadiri acara  Pencanagan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) 1 Juta Patok Bidang Tanah Secara Serentak di Seluruh Indonesia dengan Tema " Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok " sebagai penanggung jawab kegiatan Gusmanto S.H,M.M (Kepala Kantor BPN Kab. Pemalang) yang dihadiri lk. 100 orang.


Hadir dalam kegiatan tersebut :

a. Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat ST , Dandim 0711/ Pemalang  Letkol Inf Ade Afri Verdaniex S.I.P, Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya , Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Fanny Widyastuti S.H, M.H , Kepala Kantor BPN Kabupaten Pemalang  Gusmanto S.H,M , Wakapolres Pemalang Kompol Ariakta Gagah Nugraha , Kepala Dinpermasdes Kabupaten Pemalang Drs. Suhirman , Kasih Intel Kejaksaan Negeri Pemalang Ermawan SH , Kasi Datun Kejaksaan Negeri Pemalang Prabowo Aji Sasmito SH ,

Camat Bantarbolang Waluyo S.Tp,M.P , Danramil 09/Bantarbolang Kapten Inf Sarmin , Kapolsek Bantarbolang AKP Trino Winarno SH , PJU Polres Pemalang , Kepala Desa Sumurkidang  M. Yasin , Ormas Pemuda Pancasila dan Warga masyarakat peserta PTSL Desa Sumurkidang.


Susunan acara ,

a. Penyambutan 

b. Pembukaan

c. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

d. Pemasangan patok tanda batas 

e. Sambutan Kades Sumurkidang 

f. Laporan penyelenggara

g. Sambutan Plt. Bupati Pemalang

h. Penandatanganan prasasti

i. Ramah tamah

j. Penyebaran benih ikan .

 

Pukul 08.22 s.d 09.15 WIB  acara Pemasangan Patok tanda batas tanah oleh Plt. Bupati Pemalang diikuti rombongan dilanjutkan kegiatan : Mengikuti dialog Interaktif secara daring , Mengikuti Video GEMAPATAS secara daring , Mengikuti sambutan Gubernur Jateng secara daring , Penyerahan piagam muri kepada Menteri ATR BPN RI , Mengikuti sambutan Menteri ATR BPN RI secara daring .


Acara dilanjutkan dengan sambutan ,  sambutan pertama  oleh Kades Sumurkidang dan Laporan penyelenggara dari Kepala Kantor BPN Kab. Pemalang dilanjutkan sambutan Plt. Bupati Pemalang dan penandatanganan prasasti pencanangan Gemapatas.


d. Pukul 09.40 s.d 10.15 WIB Forkopimda Kab. Pemalang dan rombongan melaksanakan ramah tamah kemudian dilanjutkan penyebaran benih ikan.


 Inti sambutan Kepala Desa Sumurkidang yang mengatakan "Ucapan selamat datang kepada Plt. Bupati Pemalang beserta rombongan di Desa Sumurkidang pada acara pencanangan GEMAPATAS , terima kasih kepada tamu undangan dan rasa bangga telah dikunjungi pejabat dari Kab. Pemalang , Semoga kunjungan ini berdampak yang baik bagi warga masyarakat desa Sumurkidang karena pada hari ini ditetapkan sebagai desa Pencanagan batas patok oleh Plt. Bupati Pemalang , Bahwa Desa kami masih belum tertata dan semoga menjadi prioritas pembangunan kedepan" ucap Kepala Desa Sumurkidang.


 Inti laporan penyelenggara oleh Kepala Kantor BPN Kab . Pemalang Gusmanto S.H, M M mengatakan " Bahwa pada pagi ini telah dilaksanakan kegiatan Pencanangan Gemapatas di Desa Sumurkidang , Pemasangan patok di Kab. Pemalang sejumlah 8.350 patok dari 1 juta Patok , Di Kab. Pemalang ditargetkan 14.000 bidang ,yang punya aset dan yang punya tanah berkewajiban pasang patok , Dikab. Pemalang serentak ada 8 Desa dan terpusat di Desa Sumurkidang , Biaya PTSL ditanggung APBN dan ada biaya yang ditanggung masyarakat sebelum pra PTSL , Dari kementerian ATR BPN berterimakasih atas dukungan Forkopimda, Forkopimcam dan unsur masyarakat sehingga program PTSL di Kab. Pemalang berjalan sukses dan lancar sehingga berdampak positif kepada masyarakat di Kab. Pemalang " ucap Kepala Kantor BPN Kabupaten Pemalang.


Inti sambutan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat ST mengatakan "Hari ini kita dapat berhimpun di sini dalam keadaan sehat wal‘afiat pada agenda acara “Pencanangan Secara Serentak Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS), Satu Juta Patok di Indonesia " ,  Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pemalang, saya menyambut baik dan mendukung penuh terkait pelaksanaan Gemapatas ini. Hal ini sebagai wujud, support/dukungan nyata Pemerintah Daerah terhadap kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan program berskala nasional yang di inisiasi oleh Kementerian ATR/BPN RI , Saya mengajak kepada segenap unsur yang hadir saat ini dari Forkopimda, Jajaran Pemkab Pemalang, Forkopimca, Pemdes, dan segenap elemen masyarakat, "Mari bersama kita sukseskan pelaksanaan Gemapatas ini’ sebagai upaya preventif/pencegahan sengketa tanah , Bersamaan dengan acara pemasangan patok batas tanah di Desa Sumurkidang, pada hari ini, dilakukan pula secara serentak pemasangan patok di 8 (delapan) desa lain lokasi PTSL ‘Kabupaten Pemalang yang jumlahnya mencapai 8.350 buah patok , Semoga seluruh proses pemasangan patok berjalan lancar, sehingga mampu memenuhi target 1 Juta Patok di seluruh wilayah Indonesia , Sebagaimana di sampaikan oleh Bapak Menteri ATR/BPN, melalui slogan gerakan ini yaitu “Pasang Patok, Anti Cekcok, Anti Caplok’, Gemapatas tentunya disiapkan untuk mendukung tertib tata kelola pertanahan, sehingga diharapkan sengketa tanah dapat diminimalisir , Ada beberapa manfaat lain dari Gemapatas ini yang mungkin perlu kita ketahui, sebagai berikut : 

1). Menggerakkan_ sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga tanah yang dimilikinya; 

2). Pengamanan aset dengan kepastian batas bidang tanah 

3). Meminimalisir sengketa dengan pemilik bidang tanah yang berbatasan: 

4). Menghindari mafia tanah

5). Memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan untuk mengukur dan memetakan tanah.

6). Mempercepat pelaksanaan Pendaftaran 

Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Kota Lengkap. Kita sama-sama memahami manfaat dan pentingnya Gemapatas ini, maka langkah selanjutnya adalah “action, action dan action’, saya yakin segenap unsur di Kabupaten Pemalang ini akan bersinergi, bergotong - royong dan bekerja sama menyukseskan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) " ucap Plt Bupati Pemalang.


Acara dilanjutkan dengan kegiatan 

Penandatanganan prasasti pencanangan Gemapatas oleh Plt. Bupati Pemalang , ramah tamah ,


Penyebaran benih ikan nila,ikan lele dan ikan bawal di sungai tengah Desa Sumurkidang oleh Plt. Bupati Pemalang dan Forkopimda Kab. Pemalang.


Selama kegiatan berjalan lancar dan aman 


Penulis : Ragus T.u

Subscribe to receive free email updates: