Disdukcapil Pemalang Kembali Menggelar Dukcapil Goes To Campus Di STIT Pemalang



Pemalang -  Jawa Tengah

 Disdukcapil Pemalang kembali menggelar Dukcapil Goes to Campus Di STIT Pemalang , pada hari jumat (14/4) bertempat di aula pertemuan Kampus STIT Pemalang. Kegiatan tersebut bertujuan mengajak civitas akademika STIT Pemalang membuat identitas kependudukan digital (IKD). Untuk itu, Dukcapil menerjunkan 5 operator Dukcapil dengan peralatannya untuk mengaktivasi KTP digital para dosenm karyawan dan mahasiswa STIT Pemalang. Hadir dalam kegiatan ini Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, ST, Kepala Disdukcapil Ni Wayan Asrini, SH, MSi didampingi Sekdin Dukcapil dan jajarannya, serta segenap civitas akademika beserta pengurus Yayasan STIT Pemalang.


Dalam sambutannya Ketua STIT , DR. Hj. Amiroh, MAg mengatakan "apresisasi yang setinggi-tingginya kepada Disdukcapil dibawah komando Ibu Ni Wayan Asrini, SH, MSi yang bergerak cepat untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan hak konstitusinya berupa dokumen kependudukan, termasuk salah satunya yaitu layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Tentu saja program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kampus guna mendukung program nasional yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektornik (SPBE) dan simultan dengan program unggulan Pemkab Pemalang yakni mewujudkna Desa Digital. Kami akan mendorong mahasiswa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di daerahnya masing-masing agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengn memiliki identitas kependudukan digital. Insya Allah kedepan seluruh mahasiswa yang belum dapat hadir untuk mengaktivasi IKD hari ini dapat segera diaktivasi, mengingat pada hari ini mahasiswa regular telah memasuki masa liburan bersama. Untuk berharap pasca lebaran dapat dilakukan kembali aktivasi bagi mereka yang berjumlah kurang lebih 900 an mahasiswa" ujar nya .


Sambutan yang sama dengan Ketua STIT Pemalang , PltBupati Pemalang Mansur Hidayat ST mengatakan " Kami mendorong supaya STIT terus bertumbuh maju dan berharap dapat berperan serta dalam meningkatkan Indeks Pembanmgunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pemalang, semoga kedepan dapat berubah menjadi Universitas dan menjadi perguruan tinggi yang menjadi kebanggaan masyarakat Pemalang. Kaum intelektual kampus juga diharapakan dapat ikut mewujudkan demokrasi yang sehat dan berkualitas, karena masyarkat kampus memiliki tingkat rasionalitas yang lebih baik, dengan analisis obyektifitasnya dalam menilai dan memilih di Pemilu mendatang "  pungkasnya. 


Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau saat ini disebut KTP Digital merupakan Program Inovasi Kementrian Dalam Negeri (IKD) melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. KTP digital merupakan digitalisasi KTP-el ke dalam handphone. Baik itu berupa foto ataupun QR Code.


Selain itu, KTP Digital juga telah melalui assesment dengan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sehingga keamanannya tentu terjaga. IKD atau KTP Digital harus di aktivasi di Disdukcapil Pemalang atau di juga dapat di petugas operator TPDK di Kantor Kecamatan semata-mata karena keamanan data penduduk sekaligus verival Handphone yang dipakai.


Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: