Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Sosialisasikan Penerapan Penyesuaian Tarif Baru


Pemalang , Jawa Tengah

Perusahan umum Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang akan melakukan penyesuaian tarif air minum pada sebagian kelompok pelanggan pada tagihan rekening air bulan Juni 2023 yang akan di bayarkan pada bulan Juli 2023 , hal ini di sampaikan pada saat sosialisasi penyesuaian tarif Air Minum Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang (18/05/2023).


Hadir dalam kegiatan sosialisasi jajaran direksi Dewan pengawas serta beberapa manager Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang , penyesuaian tarif Air Minum hanya di berlakukan kepada sebagaian kelompok pelanggan (tidak ada kenaikan pada pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah ).


Penyesuaian tarif Air Minum ini berdasarkan regulasi , Permendagri Nomer 21 tahun 2020tentang perubahan atas pemendagri Nomer 71 Tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan Tarif Air Minum , dimana secara hukum harus diikuti peraturan dibawahnya .


Pemerintah kabupaten Pemalang telah menindaklanjuti dengan terbitnya peraturan Bupati Pemalang Nomer 14 Tahun 2923 tentang perhitungan , Mekanisme dan Prosedur penetapan Tarif Air Minum Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang .


Perusahaan membutuhkan investasi sangat besar untuk dapat mengembangkan cakupan dan meningkatkan pelayanan serta untuk memenuhi keseimbangan biaya investasi , biaya depresiasi dan biaya operasional terhadap kenaikan inflasi yang terjadi setiap tahun , Apalagi di Tahun 2022 lalu , juga ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik. Hal tersebut berkontribusi besar terhadap kenaikan komponen biaya operasional termasuk pembelanjaan modal dasar dan sudah lima tahun sejak tahun 2018 belum pernah dilakukan penyesuaian tarif.


Dalam forum sosialisasi Direktur utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang  Slamet Efendi SE.MM mengatakan " penyesuaian tarif ini sudah dihitung cermat berdasarkan seluruh indikator sesuai regulasi yang berlaku , bahkan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang sudah memperoleh tanggapan publik dari berbagai elemen , sebelum penyesuaian tarif diberlakukan pada semester ll Tahun 2023 . Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang telah meminta umpan balik dari publik melalui konsultasi publik yang dilaksanakan pada awal Desember 2022" jelasnya.


Sesuai regulasi , besar ya tagihan untuk memenuhi kebutuhan dasar (10 M³ per bulan ) dibandingkan dengan besaran UMK tidak boleh melewati 4% dari pendapatan (UMK) , sehingga penyesuaian tarif Air Minum Mulia Kabupaten Pemalang hanya berkisar 2,3%.

prosentasi itu sekarang kurang lebih Rp.700 per meter kubiknya.

Hasil dari formulasi penyesuaian tarif ini juga sedang melalui pertimbangan bersama Dewav Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.


" Sebelumnya untuk tarif dasar ( golongan rumah tangga 2) harga per 10 meter kubik pertama Rp.29.700, penyesuaian tarif baru menjadi Rp.37.000 per 10 Meter kubik pertama .

Penyesuaian tarif Air ini masih dibawah dari tarif batas bawah hasil perhitungan formula tarif Air Minum sesuai Permendagri Nomer 21 Tahun 2020 tentang perubahan atas pemendagri Nomer 71 tahun 2016 tentang perhitungan dan penetapan Tarif Air Minum yaitu Rp.4.423 per meter kubik .

Penyesuaian tarif tahun 2023 juga sudah melalui beberapa kajian akademis , kemampuan untuk membayar selain itu juga pertimbangan dari riil cost .

Daru beberapa pertimbangan dan perhitungan tersebut maka munculah keadaan terkini " jelas manager.



Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: