Peringati Tahun Baru Islam Pemdes Belik Adakan Pawai Budaya Dan Ruat Bumi



Media Beritatimur.id, Pemalang , Jawa Tengah

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang ke 1445 H / 2023 M Pemerintah Desa Belik bersama dengan warga masyarakat Desa Belik mengadakan pawai budaya dan ruwat Bumi .


Acara pawai budaya dan ruwat Bumi dilaksanakan pada hari Kamis , tanggal 03/08/2023 , pawai budaya di mulai pukul 13.00 wib dan di ikuti seluruh lapisan warga masyarakat Desa Belik .

Pawai gunungan di arak keliling Desa Belik start dari Bale Desa Belik dan Finis di Terminal Umum Belik .


Hadir dalam acara pawai budaya Forkopimcam Belik , Kepala Desa Belik Nur Ajizah , seluruh elemen masyarakat Desa Belik dan mahasiswa dan mahasiswi KKN , sebagai penanggung jawab acara kepala Desa Belik.


Dalam wawancaranya Kepala Desa Belik Nur Ajizah mengatakan " saya atas nama pribadi dan Pemerintah Desa Belik mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada panitia penyelenggara acara pawai budaya dan ruwat bumi , kepada Forkopimcam Belik , dishub Belik , anggota pemuda Pancasila  desa belik dan Banser Desa Belik yang sudah membantu acara ini sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun , terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh warga masyarakat Desa Belik yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai budaya dan ruwat bumi tidak ketinggalan juga mahasiswa KKN yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini .

Acara ini adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang sudah melimpah Rahmat dan juga hasil bumi yang berlimpah di Desa Belik dan acara ini juga rutin dilaksanakan setiap tahun Baru Islam , pesan kami kepada warga masyarakat Desa Belik untuk selalu kompak dan mudah mudahan selalu di berikan kesehatan , kenikmatan dan keberkahan Amin...." Ucap Kepala Desa Belik .


Acara dilanjutkan dengan  penyatuan air suci dari berbagai sumber yang ada di Desa Belik yang di campur dengan Air dari makam Kyai Mbah Samsudin dan Air laut dan rebutan gunungan .

Dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan pengajian oleh Ki Joko Goro Goro dari Demak .



Penulis : Ragus T.u dan Arni Agustina

Subscribe to receive free email updates: