Hari Bhayangkara Ke-78, Satbinmas Polres Purbalingga Gelar Lomba Satkamling



Polres Purbalingga - Polda Jateng | Satbinmas Polres Purbalingga melaksanakan penilaian lomba Satkamling. Penilaian dilaksanakan di Satkamling RT 5 RW 3, Kelurahan Karangmanyar, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Selasa (18/6/2024) malam.


Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Tedy Subiyarsono selaku tim penilai mengatakan bahwa Lomba Satkamling merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024. Dimana dilakukan penilaian terhadap Satkamling yang ada di tingkat desa.


"Penilaian ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan," ucapnya.


Menurutnya, dalam lomba Satkamling penilaian berdasarkan empat aspek yaitu sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, kegiatan operasional dan bimbingan. Empat kriteria tersebut harus ada dalam Satkamling di masing-masing wilayah.


"Melalui empat aspek penilaian tersebut, akan diketahui sejauh mana kualitas dari Satkamling dalam melaksanakan kegiatannya menjaga keamanan lingkungan," ungkapnya.


Kasat Binmas menambahkan dengan kegiatan ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga keamanan lingkungan. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali kegiatan siskamling.


"Dengan adanya lomba ini diharapkan memotivasi wilayah lainnya untuk bisa melaksanakan siskamling demi menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan," pungkasnya.


Kapolsek Kalimanah AKP Mubarok yang hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa Satkamling Kelurahan Karangmanyar, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu yang aktif melaksanakan kegiatan. Oleh sebab itu, kami ajukan mengikuti lomba tingkat Polres Purbalingga.


"Intinya tidak hanya untuk meraih juara dalam perlombaan. Namun yang lebih penting adalah adanya wujud peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui siskamling," ucapnya.


Dalam kegiatan dilakukan pemeriksaan administrasi Satkamling oleh tim penilai dan pengecekan sarana dan prasarana pendukung tugas siskamling. Selain itu dilakukan tanya jawab dengan awak siskamling terkait kamtibmas dan penanganan kejadian.

Subscribe to receive free email updates: