Polres Purbalingga Gelar Patroli Skala Besar Cegah Gangguan Kamtibmas Malam Minggu


Polres Purbalingga - Polda Jateng | Polres Purbalingga menggelar patroli skala besar antisipasi kerawanan dan gangguan kamtibmas pada malam Minggu. Apel kesiapan patroli digelar di halaman GOR Goentoer Darjono PurbaIingga, Sabtu (17/8/2024) malam.

Apel dipimpin oleh Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto, S.H., S.I.K., M.H. sedangkan peserta apel merupakan personel Polres Purbalingga beserta polsek jajaran. Selain itu, diikuti personel TNI dan Satpol PP.

Dalam kegiatan puluhan kendaraan dinas Polri baik truk, mobil maupun sepeda motor turut diapelkan. Setelah apel kesiapan kemudian patroli skala besar dilaksanakan sesuai jalur yang sudah ditentukan.

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto yang memimpin apel mengatakan patroli skala besar dilaksanakan dalam rangka mencegah gangguan keamanan pada malam hari khususnya malam Minggu.

Karena menurutnya, kecenderungan wilayah yang sepi di Kabupaten Purbalingga bisa menjadi tempat orang-orang melakukan kriminalitas. Seperti konsumsi miras, membawa senjata tajam, perkelahian dan tawuran dan potensi kriminalitas lainnya.


"Oleh karena itu, malam ini dilakukan patroli skala besar sebagai bentuk kesiapan dan kesanggupan memberikan rasa aman kepada masyarakat di Kabupaten Purbalingga," tegas Kapolres.

Kapolres berpesan agar dalam pelaksanaan kegiatan harus dilakukan dengan humanis dan tidak melakukan kekerasan. Selain itu, jangan sampai apatis terhadap situasi di sekeliling lokasi, saat patroli dilaksanakan.

"Sasaran dalam patroli skala besar yang pertama adalah senjata tajam, minuman keras atau minuman beralkohol, narkoba, kebut-kebutan atau balap liar, perkelahian atau tawuran dan  potensi gangguan keamanan lainnya," kata Kapolres.

Kapolres menambahkan patroli akan dilaksanakan mulai pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 03.00 WIB. Para perwira pengendali akan memimpin langsung kegiatan dan melaporkan hasil pelaksanaan patroli.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Tri Arjo Irianto menjelaskan bahwa patroli skala besar melibatkan puluhan personel. Personel Polres Purbalingga dibantu TNI dan Satpol PP dibagi menjadi enam tim.


"Enam tim ini melaksanakan patroli dengan rute yang berbeda hingga wilayah perbatasan kabupaten," jelasnya.

Dijelaskan bahwa rute patroli tim pertama melaksanakan patroli hingga wilayah perbatasan Purbalingga Pemalang, tim kedua ke perbatasan Purbalingga Banyumas di wilayah Padamara. 

Selanjutnya di wilayah Jompo Kalimanah perbatasan dengan Banyumas, di wilayah Kejobong perbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara, wilayah Bukateja perbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara dan di Jembatan Linggamas wilayah Kemangkon perbatasan dengan Banyumas.

"Sedangkan personel polsek melaksanakan patroli di wilayah masing-masing melibatkan personel dari Koramil," jelasnya

Subscribe to receive free email updates: