Info Pembacokan di Padamara Beredar di Medsos, Ini Penjelasan Polres Purbalingga


Polres Purbalingga - Polda Jateng | Informasi berupa video terkait peristiwa pembacokan terhadap Kepala Desa Dawuhan, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga beredar melalui sejumlah grup media sosial Facebook, Sabtu (5/10/2024) malam.

Informasi tersebut kemudian ramai dikomentari masyarakat. Ada yang menyebut pelaku merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang kemudian diamankan dan dievakuasi polisi.

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto melalui Kasi Humas Iptu Setyo Hadi menyampaikan bahwa benar telah terjadi peristiwa dugaan penganiayaan menggunakan senjata tajam di jalan raya Desa Purbayasa menuju Desa Prigi Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga pada Sabtu (5/10/2024) sekira jam 22.00 WIB. 

Korban Jarwoto merupakan Kepala Desa Dawuhan alamat Desa Dawuhan RT 1 RW 1, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga. Sedangkan pelaku berinisial DCS (47) warga Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga.

Disampaikan bahwa peristiwa bermula saat korban pulang menghadiri kegiatan pengajian di Lapangan Desa Padamara. Sampai di lokasi korban yang mengendarai sepeda motor dihentikan oleh pelaku.

"Menurut keterangan korban saat berhenti itulah pelaku langsung membacok dengan parang mengenai pipi sebelah kanan," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan korban yang mengalami luka kemudian meninggalkan lokasi dan sampai ke rumah. Kemudian dibawa pihak keluarga ke rumah sakit. Peristiwa tersebut selanjutnya dilaporkan ke Polsek Padamara.

Berdasarkan laporan kejadian, polisi dari Polsek Padamara dan Polres PurbaIingga kemudian mendatangi lokasi kejadian. Selanjutnya bersama warga mencari dan mengamankan pelaku. Pelaku yang ditemukan kemudian dievakuasi polisi berikut barang buktinya. 

"Pelaku diduga merupakan orang dengan gangguan jiwa. Setelah diamankan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan kejiwaan lebih lanjut," jelasnya.

Kasi Humas menambahkan kasus tersebut sudah dalam penanganan pihak kepolisian. Sedangkan pelaku masih menjalani proses pemeriksaan kejiwaan di Rumah Sakit Siaga Medika PurbaIingga.


(Humas Polres Purbalingga)

Subscribe to receive free email updates: